Pasang PLTS Atap Tagihan Listrik Menjadi Hemat 60%? Tapi Regulasinya Gimana?

 

Di Jakarta dan kota sekitarnya pemasangan solar panel dengan memaksimalkan atap sebagai lahannya sudah lumayan banyak dilakukan. Modul fotovoltaik (solar panel) telah dipasang di atap gedung pencakar langit, atap rumah, kantor, dinding, tempat umum hingga permukaan luar lainnya. untuk mendukung kebutuhan listrik agar lebih hemat dan ramah lingkungan saat ini solar panel cukup diminati sebagai opsi sumber energi baru yang bisa digunakan. Penghematan solar panel bisa di angka 30 hingga 60% dari biaya PLN dan jika menggunakan baterai kelebihan anti mati lampu juga jadi keuntungan tersendiri bagi penggunanya.

Gambar 1.1: Pertumbuhan dan sebaran PLTS Atap di Indonesia sampai dengan November 2022 (Sumber: ESDM)

Kekhawatiran mengenai perizinan pun seharusnya tidak menjadi masalah saat ini jika ingin melakukan penghematan karena secara regulasi dan tujuan pemerintah sendiri mereka ingin mendorong indonesia menjadi net zero emission dan solar panel bisa menjadi opsi yang aplikatif untuk masyarakat bisa berkontribusi dan melakukan penghematan energi. apalagi dengan potensi energi yang masih bisa dimaksimalkan di Indonesia.

 

 

Gambar 1.2: Kapasitas terpasang tahun 2020 dibandingkan dengan perkiraan potensi kapasitas energi terbarukan (Sumber: iesr.co.id)

Kebijakan pemerintah ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, mempercepat pertumbuhan energi surya, mendukung pengembangan usaha dan industri panel surya, dan meningkatkan peran energi baru terbarukan (EBT) Dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) terbaru, Indonesia menaikkan target pengurangan emisi menjadi 31,89% di tahun 2030 mendatang dengan target dukungan internasional sebesar 43,20%.

Jadi, bagi masyarakat Indonesia yang berencana memasang panel surya dan khawatir tentang berbagai hal seperti regulasi dan manfaatnya, sebetulnya tidak perlu khawatir. Banyak orang telah menyadari bahwa pemasangan panel surya sangat menguntungkan, dengan jumlah pemasangan yang signifikan di daerah seperti Jakarta, Banten, Tangerang, dan lainnya. Selain itu, pemerintah juga memiliki target untuk mendukung penggunaan energi terbarukan ini. Sudah ingin pasang panel surya? Coba kepoin Infien Energy ya!

sumber: https://www.jgc-indonesia.com/en/news/328/achieving-net-zero-emissions-through-sustainable-renewable-energy

https://www.esdm.go.id/

 

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *